Pengertian jQuery dan apa perbedaan dengan AJAX

Comandsoft.XYZ - Ada banyak sekali bahasa pemorgraman yang dapat digunakan dalam membuat halaman web saat ini, seperti HTML, Javascript, Ajax, jQuery, dan lain sebagainya. Beberapa bahasa pemrograman merupakan turunan dari bahasa lain. jQuery adalah salah satu bahasa turunan dari Javascript yang  berfokus dan lebih dapat berinteraksi dengan elemen HTML.

Pengertian jQuery adalah bahasa progaram yang berfungsi untuk mengembangkan aplikasi berbasis Ajax. jQuery merupakan sumber yang  besar bagi programmer JavaScript, yang dapat membantu  menyederhanakan pengembangan aplikasi web 2.0.

jQuery menyediakan banyak fungsi dan metode yang mudah digunakan untuk membuat aplikasi yang kaya fitur. Fungsi-fungsi dari jQuery sangat mudah dipelajari dan bahkan seorang awam dapat mempelajarinya dengan cepat. Oleh karena itu jQuery sangat populer, karena mudah digunakan dan dapat diterapkan pada hampir semua aplikasi berbasis web, diantaranya JSP, Servlets, ASP, PHP, CGI dan lain sebagainya.

jQuery vs AJAX

Saya rasa Anda sudah sedikit memahami tentang pengertian jQuery. Sekarang, bagaimana jika kita bandingkan dengan bahasa pemrograman lain, yakni Ajax. Jika kita berbicara tentang jQuery vs Ajax, memang sangat sulit membandingkan secara tegak lurus, karena keduanya memiliki kerangka kerja yang terpisah dan justru dapat saling melengkapi.

jQuery adalah sebuah kerangka kerja JavaScript yang memiliki kemampuan untuk melakukan beberapa fungsi dasar sementara Ajax memiliki fitur yang lebih komplit diantaranya mencakup control NET dan server serta client side. Fokus utama jQuery adalah pada kerangka kerja standar untuk menciptakan dan bekerja dengan JavaScript secara keseluruhan di sektor klien. Secara sederhana, berikut ulasan jika kita bandingkan antara jQuery vs AJAX.

JQuery bekerja pada sisi klien menggunakan scripting yang lebih ringan. Sementara AJAX adalah kombinasi dari teknologi yang digunakan untuk menyediakan transfer data asynchronous pada server. Seringkali penggunaan AJAX yang terlalu besar dapat menyebabkan server overload.

jQuery dan AJAX dapat bekerja sama dan saling berhubungan, karena mereka dapat digunakan bersamaan, misalnya dalam membangun situs seperti Google (pengguna jQuery). jQuery terutama digunakan untuk memodifikasi data dan AJAX digunakan untuk mengambil data yang dibutuhkan tanpa mengubah halaman saat ditampilkan.

Kode jQuery sangat sederhana dan lebih mudah dipelajari daripada AJAX.
AJAX, di sisi lain bukan merupakan sebuah teknologi yang spesifik namun kombinasi dari berbagai teknologi untuk memberikan fungsi baru.

Mungkin sudah dapat dipahami tentang pengertian jQuery dan perbandingannya antara jQuery dengan Ajax. Semoga artikel ini bermanfaat !!!! Silahkan tinggalkan komentar apabila Anda memiliki pertanyaan atau ingin mengemukakan pendapat untuk menambahkan perbandingan antara jQuery vs Ajax.

Tentang Penulis,

Jonathan adalah seorang web manager dan seo analyst. Saat ini, ia telah mengelola situs toko onlinya yang menjual bibit buah dan tanaman hias.
Latest


EmoticonEmoticon

Followers