Internet Download Manager 6.18 Build 11



Setelah lama gak update blog dikarenakan sibuk dengan skripsi, kali ini saya mw share idm versi terbaru yaitu IDM 6.18 Build 11.

Internet Download Manager (IDM) 6.18 Build 11 telah dirilis dan sudah bisa digunakan. Sebagai download manager yang paling banyak digunakan maka seharusnya selalu mengadakan perbaikan yang membuat nyaman para penggunanya.

Beberapa fitru yang ditambahkan yaitu :
- Download file secara dinamis
- Mempercepat pengunduhan file
- GUI yang mudah dan menarik
- Kemampuan resume file secara cepat
- Support sistem 32 bit dan 64 bit
- Dan fitur mantap lainnya sob

Gak perlu panjang lebar langsung aja bagi pembaca yang mw download klik link yang tersedia, ada juga patch nya jadi software nya full version.

FILES
http://adf.ly/bG4Xp

Membuat CRUD Delphi dengan Database MySQL

Pada artikel saya kali ini, saya membuat sample program dari java, sebelum saya menerangkannya saya pengen berbicara sedikit tentang istilah CRUD yang saya gunakan.

Langsung aja pertama buat dulu tabel didatabase:
"CREATE TABLE mahasiswa(
nim varchar(50)not null PRIMARY KEY,
nama varchar(50),
alamat varchar(50))"

Langkah selanjutnya buat tampilan utama program seperti gambar dibawah:
Selanjutnya buat form DataModul untuk koneksi kedatabase seperti gamabar dibawah:

Source Code:

  1. unit Utama;
  2. interface
  3. uses
  4.   Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
  5.   Dialogs, StdCtrls, Grids, DBGrids, ExtCtrls;
  6. type
  7.   TFormUtama = class(TForm)
  8.     pnl1: TPanel;
  9.     lbl1: TLabel;
  10.     lbl2: TLabel;
  11.     lbl3: TLabel;
  12.     edt1: TEdit;
  13.     edt2: TEdit;
  14.     edt3: TEdit;
  15.     dbgrd1: TDBGrid;
  16.     btn1: TButton;
  17.     btn2: TButton;
  18.     btn3: TButton;
  19.     lbl4: TLabel;
  20.     procedure Simpan();
  21.     procedure Ubah();
  22.     procedure Hapus();
  23.     procedure Tampil();
  24.     procedure btn1Click(Sender: TObject);
  25.     procedure btn2Click(Sender: TObject);
  26.     procedure btn3Click(Sender: TObject);
  27.     procedure FormShow(Sender: TObject);
  28.   private
  29.     { Private declarations }
  30.   public
  31.     { Public declarations }
  32.   end;
  33. var
  34.   FormUtama: TFormUtama;
  35. implementation
  36. uses DataModul, MyAccess;
  37. {$R *.dfm}
  38. procedure TFormUtama.Tampil();
  39. begin
  40.   with dm.myqryTampil do
  41.   begin
  42.     Active:=False;
  43.     Close;
  44.     SQL.Clear;
  45.     SQL.Add('SELECT * FROM mahasiswa');
  46.     Active:=True;
  47.   end;
  48. end;
  49. procedure TFormUtama.Simpan();
  50. begin
  51.   try
  52.     dm.con1.StartTransaction;
  53.     with dm.myqryProses do
  54.     begin
  55.       Active:=False;
  56.       Close;
  57.       SQL.Clear;
  58.       SQL.Add('INSERT INTO mahasiswa(nim,nama,alamat) VALUES('+
  59.         QuotedStr(edt1.Text)+','+
  60.         QuotedStr(edt2.Text)+','+
  61.         QuotedStr(edt3.Text)+')');
  62.       ExecSQL;
  63.     end;
  64.     dm.con1.Commit;
  65.     ShowMessage('Berhasil');
  66.   except
  67.     dm.con1.Rollback;
  68.     ShowMessage('Gagal');
  69.   end;
  70. end;
  71. procedure TFormUtama.Ubah();
  72. begin
  73.   try
  74.     dm.con1.StartTransaction;
  75.     with dm.myqryProses do
  76.     begin
  77.       Active:=False;
  78.       Close;
  79.       SQL.Clear;
  80.       SQL.Add('UPDATE mahasiswa SET nama='+
  81.         QuotedStr(edt2.Text)+',alamat='+
  82.         QuotedStr(edt3.Text)+' WHERE nim='+
  83.         QuotedStr(edt1.Text));
  84.       ExecSQL;
  85.     end;
  86.     dm.con1.Commit;
  87.     ShowMessage('Berhasil');
  88.   except
  89.     dm.con1.Rollback;
  90.     ShowMessage('Gagal');
  91.   end;
  92. end;
  93. procedure TFormUtama.Hapus();
  94. begin
  95.   try
  96.     dm.con1.StartTransaction;
  97.     with dm.myqryProses do
  98.     begin
  99.       Connection:=dm.con1;
  100.       Close;
  101.       SQL.Clear;
  102.       SQL.Add('DELETE FROM mahasiswa WHERE nim='+QuotedStr(edt1.Text));
  103.       ExecSQL;
  104.     end;
  105.     dm.con1.Commit;
  106.     ShowMessage('Berhasil');
  107.   except
  108.     dm.con1.Rollback;
  109.     ShowMessage('Gagal');
  110.   end;
  111. end;
  112. procedure TFormUtama.btn1Click(Sender: TObject);
  113. begin
  114.   Simpan();
  115.   Tampil();
  116. end;
  117. procedure TFormUtama.btn2Click(Sender: TObject);
  118. begin
  119.   Ubah();  
  120.   Tampil();
  121. end;
  122. procedure TFormUtama.btn3Click(Sender: TObject);
  123. begin
  124.   Hapus();
  125.   Tampil();
  126. end;
  127. procedure TFormUtama.FormShow(Sender: TObject);
  128. begin      
  129.   Tampil();
  130. end;
  131. end.


Sekarang kita tinggal jalankan program yang kita buat. Ini untuk screenshoot program ketika dijalankan.


password : http://randhy-wongpalembang.blogspot.com

Demikian artikel kali ini,jika masih bingung silahkan coment aja.  Terus berkarya yang muda yang berkarya.. Salaam blogger.
Asal Muasal Munculnya AJAX

Asal Muasal Munculnya AJAX

Tahukan Anda, apa perbedaan paling mencolok antara aplikasi website dengan aplikasi desktop dikomputer? Yup betul gan, Aplikasi desktop lebih interaktif dan responsif dibandingkan aplikasi web.. lho agan-agan kan belum jawab, darimana penulisnya tau kalau jawabannya betul.. emang penulis yang aneh.

Jika anda pernah melihat/menjalankan aplikasi desktop, dimana jika Anda mengklik satu tombol, maka reaksi perubahannya akan langsung terlihat pada aplikasi tersebut, hal itulah yang menjadi aplikasi desktop sangat interaktif.

Lain ceritanya dengan aplikasi website, dimana jika Anda mengklik satu tombol, maka browser akan melakukan refresh/reload pada browser. biasanya layar browser akan menjadi halaman kosong blog berwarna putih sesaat, karena pada saat itu browser sedang melakukan request/permintaan data ke server. Hal itulah yang membuat aplikasi website kurang interaktif dan responsif dibandingkan aplikasi desktop.. sekarang sudah paham gan?

Namun, pada suatu hari yang cerah, ada seorang pria londo, presiden sekaligus pendiri perusahaan Adaptive Path, bernama Jesse James Garret yang memperkenalkan Ajax untuk mengatasi permasalahan tersebut, dimana Ajax dapat membuat aplikasi website menjadi lebih interaktif dan responsif layaknya aplikasi desktop.

Dikemusian hari, Ajax semakin populer saja dikalangan pengembang website, karena kehadiran Ajax menandai lahirnya suatu generasi baru bagi web modern, atau istilah kerennya Web 2.0.

Bermula dari profokasi Google yang menggunakan Ajax untuk membuat aplikasi Google Maps, Google Suggest, dan Gmail. Di ikuti oelh Flickr, Apple, Yahoo! New dan Yahoo!Mail. Terus lahirnya Youtube, Facebook, serta Twitter. Dan terus menginspirasi website-website populer lainnya semakin membuat Ajax tak terbendung aja.

Demikian postingan kali ini tentang sekilas Ajax.. Terus berkarya yang muda yang berkarya.. Salam blogger.

Cara Install ADT

Sejak 3 Desember 2013, situs www.developer.android.com resmi merilis paket ADT 21.x.x ( Android Development Tool) berukuran + 300Mb. ADT berisi SDK (Standart Development Kit) Android dan eclipse yang sudah di set khusus untuk mengembangkan aplikasi android. Jika Anda sudah mempunyai ADT, maka bisa langsung dipakai untuk membuat aplikasi tanpa harus melakukan setting serperti versi sebelumnya. Beirkut ini langkah menjalankan ADT

  1. Lakukan ekstrak file adt-bundle-windows-x86.zp ke C:/developer/android
  2. Masuk ke folder C:/developer/android/eclipse jalankan eclipse.exe

Tampilan Saat Eclips dijalankan



Sekian tutorial kali ini.. Salam blogger.

Cara Install ADT Manual Offline

Sapa yang gak tau dengan Android?? Mungkin ada yang masih bingung gimana cara install ADT Ke Eclipse dengan cara manual tanpa koneksi internet. Di postingan sebelumnya emang udah ada tapi itu udah bundle satu paket. Kali ini saya mau bagi tutorial cara instal manual step by stap.. Gak usah panjang lebar ntar pada males baca...Lol

Langsung aj, tentu sebelum menginstal menyiap kan apa aja yang dibutuhkan..
1. jdk-7u21-windows-i586 bila yang belum diinstal
2. android-sdk_r21.1-windows
3. android-2.3.3_r01-linux
4. platform-tools_r16.0.2-windows
5. eclipse-java-juno-SR2-win32
6. ADT-21.1.0

FILES

http://adf.ly/1Wb2Qq
http://adf.ly/1Wb6bb
http://adf.ly/1Wb5oS
http://adf.ly/1Wb5Nk
http://adf.ly/1Wb47B
http://adf.ly/1Wb4dk

Bila udah didownload semua, berikut langkah-langkah intallasinya:
  1. Instal jdk-7u21-windows-i586
  2. Buat Folder baru lalu Ekstrak android-sdk_r21.1-windows dalam folder tesebut rename folder dengan nama SDK
  3. Ekstrak android-2.3.3_r01-linux ke dalam folder SDK -> paltform
  4. Ekstrak platform-tools_r16.0.2-windows kedalam folder android-sdk_r21.1-windows
  5. Ekstrak eclipse-java-juno-SR2-win32 kedalam satu folder SDK
bila sudah semua maka akan susunan forder seperti gamabar dibawah


Langkah selanjutnya install ADT kedalam eclipsenya, ikuti langkah seperti gambar dibawah, perlu diingat sebelum installasi pastikan tidak terhubung dengan internet.
  • Buka eclipse yang ada didalam folder eclipse
  • Browse folder workspace untuk menyimpan projek-projek yang kita buat
  •  Selanjutnya pada tampilan awal eclipse pilih menu help ->instal new software
  • Pilih Add
  • Pilih Archive
  • Browse File ADT-21.1.0
  • Centang yang Developer Tools aja
  • Pilih Next
  • Accept... lalu Pilih Finish
  • Jika ada warning next ok aja, karena warning tersebut memberi peringatan jika kita install lewat offline
  • Lalu Restart Now agar efek intallasi nya lancar dan bisa dipakai
  • Pastika setingan SDK location nya udah benar, untuk mengeceknya pilih window -> preferences -> pilih tab yang android, lihat bagian SDK Location nya udah benar belum sama lokasi SDK yang kita ekstrak tadi, klw blum browse aja.

Demikian tutorial cara installasi SDK secara offline, jika masih bingung email aja randy.riolis@gmail.com. Terus berkarya yang muda yang berkarya. Salam bloger...
Pengertian HTML5

Pengertian HTML5

HTML5 merupakan sebuah bahasa markah untuk menstrukturkan dan menampilkan isi dari World Wide Web, sebuah teknologi inti dari Internet. HTML5 adalah revisi kelima dari HTML. Dimana tujuan utama pengembangan HTML5 adalah untuk memperbaiki teknologi HTML agar mendukung teknologi multimedia terbaru, mudah dibaca oleh manusia dan juga mudah dimengerti oleh mesin.

HTML5 merupakan hasil proyek dari W3C (World Wide Web Consortium dan WHATWG ( Web Hypertext Application Technology Working Group ). Dimana WHATWG bekerja dengan bentuk web dan aplikasi dan W3C merupakan pengembang dari XHTML 2.0 pada tahun 2006, kemudian mereka memutuskan untuk bekerja sama dan membentuk versi baru dari HTML.

Berikut tujuan dibuatnya HTML5 :

  • Fitur baru harus didasarkan pada HTML, CSS, DOM, dan JavaScript
  • Mengurangi kebutuhan untuk plugin eksternal ( Seperti Flash )
  • Penanagan kesalahan yang lebih baik
  • Lebih markup untuk menggantikan scripting
  • HTML5 merupakan perangkat mandiri
  • Proses pembangunan dapat terlihat untuk umum

Fitur baru dalam HTML5 :

  • Unsur kanvas untuk menggambar
  • Video dan elemen audio untuk media pemutaran
  • Dukungan yang lebih baik untuk penyimpanan secara offline
  • Elemen konten yang lebih spesifik, seperti artikel, footer, header, nav, section
  • Bentuk kontrol form seperti kalender, tanggal, waktu, email, url, search.

Apakah Browser Saya Support HTML5?

Bagaimana caranya untuk menguji apakah browser yang anda install itu sudah support HTML5 atau tidak dan seberapa banyak fitur HTML5 yang disupport? Caranya cukup mudah, pertama-tama pastikan komputer anda sudah terhubung dengan internet dan arahkan ke alamat web sebagai berikut: 


Demikian postingan tentang html5 semoga dapat bermanfaat buat pengunjung blogg.

Cara Membuat Daftar Isi Blog Otomatis

Untuk cara membuat daftar isi blog keren otomatis ini ane akan memberikan dua fungsi/gaya. Untuk yang pertama adalah fungsi langsung yang bisa di simpan di halaman blog agan, dan yang ke dua adalah fungsi scroll yang nantinya bisa agan simpan di sidebar blog agan.

1. Funsi langsung

  • Masuk ke akun Blogger agan
  • Klik menu "Laman" -> "Laman Baru"
  • Beri judul Daftar Isi atau terserah sesuai keinginan agan
  • Pilih mode "HTML/JavaScript"
  • Kopas kode berikut dan simpan didalamnya
<script src="https://sites.google.com/site/codegogle/file-cabinet/contents.js"></script><script src="http://namablogagan.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>

2. Funsi langsung
  • Masuk ke akun Blogger agan
  • Klik "Tata Letak"
  • Klik "Tambah Gadget" -> "HTML/JavaScript"
  • Beri judul Daftar Isi atau terserah sesuai keinginan agan
  • Kopas kode berikut dan simpan didalamnya
<div style="overflow:auto;width:430px;height:120px;padding:10px;border:1px solid #eee"><script style="text/javascript" src="https://sites.google.com/site/codegogle/file-cabinet/contents.js"></script><script src="http://namablogagan.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>
</div>

Note :
namablogagan : Ganti dengan nama blog agan
width:430px: Lebar scroll yang bisa agan ganti dengan selera agan.
heigth:120px: Tinggi scroll yang bisa agan ganti dengan selera agan.

demikian tutorial kali ini semoga bermanfaat bagi yang membacanya.

Internet Download Managet 6.15 Build 5 Full Version


Setelah lama gak update blog dikarenakan sibuk dengan kuliah, kali ini saya mw share idm versi terbaru yaitu IDM 6.15 Build 5.

Internet Download Manager (IDM) 6.15 Build 5 telah dirilis dan sudah bisa digunakan. Sebagai download manager yang paling banyak digunakan makas seharusnya selalu mengadakan perbaikan yang membuat nyaman para penggunanya.

Beberapa fitru yang ditambahkan yaitu :
- Penambahan support untuk script konfigurasi proxy otomatis (digunakan untuk layanan seperti premiumizer.me dan lainnya)
- Perbaikan bug pada modeul integrasi Internet Explorer
- Menyelesaikan masalah ketika download dari situs file sharing
- Segmentasi dinamis dan kinerja
- Mengubah tombol "Minimize to Tray" untuk Windows 8

Gak perlu panjang lebar langsung aja bagi pembaca yang mw download klik link yang tersedia, ada juga patch nya jadi software nya full version.

http://adf.ly/KT4le
http://adf.ly/KT552

pass extract : randhy-wongpalembang.blogspot.com

Pengertian Pemrograman Java

Sejarah Java
Sejarah Java berawal pada tahun 1991 ketika perusahaan Sun Micro-system memulai Green Project, yakni project penelitian untuk membuat bahasa yang akan digunakan pada chip-chip embedded untuk device intelligent custemer elektronic. Bahasa tersebut haruslah bersifat multi platform, tidak tergantung pada vendor yang memanufaktur chip tersebut.

Dalam penelitiannya , Project Green berhasil membuat prototype semacam PDA (Personal Data Assistance) yang dapat berkomunikasi antara yang satu dengan yang lain dan diberi nama Star 7. Ide berawal untuk membuat sistem operasi bagi Star 7 berbasis C dan C++. Setelah berjalan beberapa lama, James Gosling, Salah seorang anggota team, merasa kurang puas dengan beberapa karakteristik dari kedua bahasa tersebut berusaha mengembangkan bahasa lain. Bahasa tersebut dinamakan Oak, diinspirasi ketika dia melihat pohon diseberang kaca ruang kantornya. Belakangan Oak beralih nama menjadi Java.

Karena pada awalnya ditunjukan untuk pemrograman device kecil, Java memiliki karakteristik berukuran kecil, efesien, dan portable untuk berbagai hardware. Project Green sempat tarancam terhenti karena dalam perkembangannya, device ini belum memiliki pasar seperti yang diramalkan semula.Selanjutnya Java diarahkan untuk pemrograman internet. Secara kebetulan, fitur-fitur Java yang telah disebutkan sebelumnya sangan sesuai bagi pengembangan internet sehingga dalam beberapa tahun belakangan ini Java telah menjadi primadona untuk pemrograman berbasis internet.

Keunggulan Java
Java memiliki beberapa keunggulan bila dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Ada beberapa aspek yang akan dibahas disini yaitu:

1. Java bersifat sederhana dan relatif mudah.
Java dimodelkan sebagian dari bahasa C++, namun dengan memperbaiki beberapa karakteristik C++, seperti mengurangi kompleksitas beberapa fitur, penambahan funsionalitas, serta penghilangan beberapa aspek pemicu ketidak stabilan sistem pada C++.

2. Dalam berorientasi pada object (Object Oriented)
Java adalah bahasa pemrograman yang berorientasi objek (OOP), bukan seperti Pascal, Basic, atau C yang berbasis prosedural. Dalam memecahkan masalah, Java membagi program dalam objek-objek, kemudian memodelkan sifat dan tingkah laku masing-masing. Selanjutnya, Java menentukan dan mengatur interaksi antara objek yang satu dengan lainnya.

3. Java besifat Terdistribusi
Pada dekade awal perkembangan PC (Personal Computer), komputer hanya bersifat sebagai workstation tunggal tidak terhubung satu sama lain. Saat ini, sistem komputerisasi cenderung terdistribusi, mulai dari workstation client, e-mail, database server, web server, proxy server, dan sebagainya.

4. Java bersifat Multiplatform
Dewasa ini kita mengenal banyak platform Operating System, mulai dari Windows, Apple, berbagai varian UNIX dan Linux, dan sebagainya. Pada umumnya, program yang dibuat dan dicompile disuatu platform hanya bisa dijalankan diplatform tersebut. Java bersifat multiplatform, yakni dapat di-"terjemahkan" oleh Java Interpreter pada berbagai sistem operasi.

5. Java bersifat MultiThread
Thread adalah proses yang dapat dikerjakan oleh program dalam suatu waktu. Java bersifat Multithreaded, artinya dapat mengerjakan beberapa proses dalam waktu yang hampir sama.

Followers

Category : Source Code

Category : Laravel